Pos Promosi

Baik untuk Motorik, Inilah 5 Mainan untuk Perkembangan Bayi

Motorik menjadi salah satu perkembangan yang akan terlihat jelas dalam tahapan perkembangan bayi, mulai dari motorik kasar hingga motorik halus. Mainan bayi bisa menjadi media yang menyenangkan untuk mengembangkan motoriknya. Anda bisa memilih beberapa mainan berikut ini yang bisa mengoptimalkan motorik si kecil.

Playmat atau Play Gym

Sebagian besar pakar tumbuh kembang bayi akan merekomendasikan mainan ini untuk bayi berusia 1-6 bulan. Mainan ini memiliki alas berwarna warni sehingga akan memancing sensor motorik sang buah hati. Mainan ini juga dilengkapi dengan musik yang dapat mengoptimalkan kemampuan kognitif bayi.

Fungsi ini akan sangat bermanfaat bagi bayi berusia 4 bulan karena pada usia ini, kemampuan pendengarannya sudah bisa bekerja secara maksimal sehingga si kecil sudah pagam mendengar suara-suara yang muncul. Anda bisa mendampingi si kecil bermain di matras untuk meningkatkan kemampuan otot perut, leher dan lengan.

Crib Mobile

Mainan selanjutnya yang bisa dipilih adalah Crib Mobile. Mainan putar ini biasanya akan digantungkan pada boks bayi sehingga bisa meningkatkan berbagai kemampuan si kecil, baik pendengaran maupun sensorik. Warna-warna yang mencolok ini juga membuat si kecil menjadi lebih banyak bergerak untuk bisa menggapainya.

Biasanya, mainan ini juga disertai musik lembut yang bisa memainkan beberapa jenis lagu. Anda bisa memberikan mainan ini pada bayi berusia 4 atau 5 bulan. Apabila si kecil sudah bisa terngkurap, maka saatnya Anda memberikan mainan baru sesuai dengan tahap perkembangannya agar lebih maksimal.

Soft Book

Meskipun belum bisa membaca ataupun belum memahami bacaan, tidak ada salahnya jika Anda menumbuhkan rasa cinta membaca sedari kecil. Soft book ini menjadi mainan yang bisa Anda gunakan untuk menumbuhkan gemar membaca sejak bayi. Mainan ini sering menjadi rekomendasi karena baik untuk perkembangan bayi.

Pola-pola dengan berbagai bentuk dan warna terdapat pada buku yang menarik perhatian si kecil. Anda bisa memegang buku ini ketika menggendong si kecil. Buatlah tangan si kecil menyentuh permukaan buku atau halaman buku sehingga dapat melatih kemampuan motorik halus si kecil.

Gelas Susun

Motorik kasar si kecil bisa Anda latih menggunakan mainan gelas susun. Bayi akan mengetuk-ngetuk, mengigit, melempat gelas tersebut sehingga bisa melatih kemampuan motoriknya menjadi lebih kuat. Lama kelamaan, si kecil biasanya akan mencoba menyusun gelas tersebut agar bisa berdiri tegap.

Pada umumnya, berbeda usia maka gelas yang dapat disusun juga berbeda karena hal ini berkaitan dengan perkembangan motoriknya. Jadi, tidak perlu khawatir jika awalnya si kecil tidak bisa menyusun gelas dengan benar karena memang pada usia ini, mereka masih belajar untuk menyusun mainan tersebut.

Rattlepakar

Tumbuh kembang anak juga menyarankan mainan bayi ini untuk melatih motorik anak sekaligus menjadi stimulasi pendengaran dan penglihatan bayi. Saat si kecil bisa menggenggam, Anda bisa memberikan mainan ini untuk dipegang agar si kecil bisa menggerak-gerakkannya hingga menghasilkan bunyi-bunyian.

Suara inilah yang bisa menjadi stimulasi pendengaran si kecil. Selain itu, mainan ini dibuat dengan warna yang bervariasi dan mencolok sehingga bisa menjadi stimulasi penglihatan si kecil. Jadi, dalam satu mainan saja sudah bisa mengembangkan berbagai kemampuan si kecil agar lebih optimal.

Demikian beberapa mainan yang bisa bermanfaat untuk perkembangan motorik bayi. Pada usia ini, memang sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan pada setiap tahapan. Anda harus menyesuaikan pilihan mainan dengan tahapan perkembangan bayi.

Related Articles

Close