Kesehatan

Begini Cara Memilih Termometer Digital yang Tepat

Seiring berjalannya waktu, kini produk termometer kian bertambah, terutama dilihat dari produsennya. Pengguna pun diberi kebebasan untuk memilih produk termometer digital sesuai keinginannya. Baik dilihat dari segi harganya, desainnya, produsennya, atau spesifikasinya.

Meski demikian, pada umumnya pengguna juga ingin mendapatkan pilihan termometer digital yang baik. Lalu, bagaimanakah cara memilih termometer digital yang tepat? Simak terus ulasannya berikut ini ya!

Pilih Termometer Digital Sesuai dengan Tujuan Pemakaiannya

Tips utama yang harus diperhatikan ketika hendak memilih termometer digital yang tepat adalah menyesuaikan dengan tujuan pemakaiannya. Nah, sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa pilihan termometer digital yang tepat untuk beberapa tujuan tertentu.

Untuk Bayi dan Anak Kecil, Gunakan Termometer dengan Bahan Lembut dan Pengukuran Cepat

Bagi orangtua yang baru saja dikarunia anak, pasti si kecil seringkali mengalami demam. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Ibu harus siap sedia termometer di rumah untuk sesekali memeriksa suhu tubuh si kecil. Apabila si kecil tidak suka atau merasa terganggu ketika termometer ditempel pada ketiak, maka Ibu bisa memilih termometer digital  dengan formula prediksi untuk mengukur suhu tubuh dengan cepat.

Meski demikian, tidak salah pula jika Ibu hendak memeriksa suhu tubuh si kecil dengan termometer yang ditempel di ketiak. Namun, usahakan untuk menahannya supaya termometer tidak bergeser. Akan lebih baik lagi jika ujung termometer terbuat dari bahan yang lembut sehingga elastis. Namun, apabila pengukuran suhu di ketiak benar-benar sulit dilakukan, disarankan untuk memilih termometer inframerah yang penggunaannya ditempel pada telinga atau dahi.

Biar tepat sasaran, pilihlah termometer yang penggunaannya memang dikhususkan untuk bayi. Sebab, termometer tersebut mampu mendeteksi suhu secara tepat hanya dalam waktu beberapa detik saja serta dapat segera memanas hanya ketika sentuh dahi.

Untuk Anggota Keluarga, Gunakan Termometer Ini

Beda lagi jika Anda membutuhkan termometer untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga, maka disarankan untuk memilih termometer yang mengusung konsep formula prediksi sekaligus bisa digunakan pada ketiak untuk mendapatkan hasil pengukuran yang aktual. Namun, apabila Anda tergesa-gesa hendak berangkat keluar rumah dan ingin mengukur suhu tubuh, bisa gunakan termometer pada telinga atau dahi. Meski demikian, pengukuran suhu secara akurat tetap dengan cara ditempelkan pada ketiak karena lebih praktis dan serbaguna dalam berbagai situasi.

Untuk Mengukur Suhu Basal Wanita, Gunakan Termometer Ini

Ada kalanya, wanita hendak mengetahui waktu subur supaya program hamilnya bisa terlaksana dengan baik. Nah, untuk membantu menganalisa waktu subur wanita, gunakanlah termometer basal. Termometer ini dirancang khusus untuk mengukur suhu tubuh terendah seorang wanita setiap bulan guna mengetahui masa suburnya. Pengukuran yang tepat dilakukan pada saat suhu tubuh terendah tercapai, yaitu dipagi hari setelah bangun tidur dan sebelum beraktivitas lainnya.

Teknik pengukurannya dengan cara meletakkan termometer dimulut selama 5-6 menit supaya hasilnya akurat. Nah, untuk mengetahui masa subur, pengukuran tidak hanya dilakukan sekali, melainkan selama 3 bulan berturut-turut dengan hasil yang dicatat setiap harinya. Menariknya, termomter basal dapat terhubung dengan media seperti smartphone atau komputer sehingga data hasil pengukuran bisa langsung dipindah dan disimpan dengan baik.

Untuk Orang Banyak, Gunakan Termometer Ini

Bagi perusahaan atau instansi yang hendak mengukur suhu tubuh banyak subjek, sebaiknya gunakan termometer inframerah. Hal ini penting mengingat setiap orang tidak dipastikan dalam kondisi fit, sehingga kehigienisan termometer sangat diperlukan. Nah, termometer inframerah ini tidak perlu kontak dengan tubuh untuk mengukur suhunya dan memungkinkan mendeteksi suhu dengan cepat sekitar 1 detik saja.

Ada beberapa referensi produk termometer digital seperti Krisbow KW0600278 yang dijual seharga Rp725.000, Xiaomi Miaomiaoce seharga Rp83.000, dan yang lebih canggih yaitu IRTEK Infrared Thermometer IR60i seharga Rp1.500.000. Harga termometer digital dahi IRTEK Infrared memang lebih mahal dari yang lainnyakarena kemampuannya yang mampu mengukur suhu secara akurat tanpa kontak langsung. Sangat cocok untuk mendeteksi gejala pandemi Covid-19 yang saat ini masih meresahkan masyarakat.

Untuk pemesanannya, segera kunjungi Termometer Digital Bhinneka ya! Anda dapat membeli termometer digital secara satuan maupun dalam jumlah banyak. Bhinneka saat ini dikenal sebagai sebagai supplier termomter terpercaya di Indonesia. Sudah banyak yang menjadikan Bhinneka sebagai pemasok thermometer untuk stok toko kesehatan di Indonesia. Sekarang Anda pun dapat mencobanya!

Related Articles

Close