Keuangan

Biar Gak Rugi, Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Beli Asuransi TLO

Sebagai sebuah benda mewah, mobil yang Anda miliki tentu perlu dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin. Salah satu bentuk penjagaan atas mobil yang bisa Anda lakukan, adalah dengan membeli polis asuransi mobil dengan tipe TLO atau Total Loss Only. Bagi Anda yang ingin memiliki asuransi TLO, pertimbangkan dulu 4 hal ini agar nanti Anda tak mengalami kerugian.

  • Jenis Kerusakan Mobil yang Ditanggung oleh Pihak Asuransi

Untuk melindungi mobil yang Anda miliki, sebenarnya terdapat dua jenis asuransi yang bisa Anda pakai, yaitu asuransi All Risk dan TLO. Sesuai namanya, asuransi All Risk memang akan menanggung biaya atas semua tipe kerusakan yang terjadi pada mobil. Bahkan, jika mobil Anda mengalami baret sedikit saja pada body-nya, Anda bisa mengajukan klaim pada pihak asuransi.

Berbeda dengan asuransi All Risk, TLO tak akan menanggung biaya perbaikan atas goresan-goresan kecil pada mobil Anda. Ganti rugi hanya akan diberikan, jika mobil Anda mengalami kerusakan sekitar 75% ataupun mobil tersebut hilang dicuri orang. Intinya, pihak asuransi hanya akan mengabulkan pengajuan klaim atas kerusakan tersebut, saat mobil tak bisa lagi digunakan.

  • Besaran Premi Jika Anda Membeli Asuransi Total Loss Only  

Besaran premi TLO yang harus Anda bayar setiap bulannya, tentu harus menjadi salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai nantinya, premi yang Anda bayar membuat Anda kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yang lebih wajib untuk dipenuhi. Untuk premi asuransi TLOsendiri, Anda bisa bernapas lega, karena biayanya lebih kecil dari All Risk.

Besaran premi asuransi mobil nantinya akan ditentukan, berdasarkan harga mobil serta wilayah pengoperasian atau domisili Anda. Selain itu, antara satu asuransi dengan asuransi lainnya juga akan memiliki kebijakan berbeda terkait dengan besaran premi asuransi. Ada pihak asuransi yang menetapkan premi TLO sebesar 0.8 persen dari harga mobil yang digunakan pelanggan mereka. 

  • Butuh Perluasan Jaminan agar Mobil Terproteksi Saat Bencana
Baca yang ini !  4 Cara Membuat Kartu Kredit Bri

Jika Anda tinggal di daerah yang rawan bencana, seperti tsunami, gempa, dan banjir, maka Anda harus mempertimbangkan fitur perluasan jaminan. Perluasan jaminan pada asuransi Total Loss Only ini akan menjamin kerusakan mobil, dikarenakan terjadinya bencana. Tentu saja, jika Anda ingin mendapatkan perluasan jaminan ini, jumlah premi yang harus Anda bayar akan bertambah.

Selain untuk bencana, perluasan jaminan yang ditawarkan oleh asuransi ini juga mencakup kerusakan mobil karena kerusuhan dan juga serangan terorisme. Bagi Anda yang tinggal di pusat kota, yang mana demo sering terjadi di sana, perluasan jaminan ini sepertinya wajib Anda miliki. Tanpa adanya perluasan jaminan, asuransi Total Loss Only tak akan menjamin kerusakan mobil.

  • Reputasi Perusahaan Penyedia Asuransi Total Loss Only

Hal terakhir namun sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebelum membeli asuransi, khususnya TLO adalah reputasi perusahaan penyedia asuransi tersebut. Pastikan bahwa perusahaannya sudah mengantongi izin resmi dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jika sembarangan memilih penyedia asuransi, bisa-bisa nanti uang Anda tak kembali.

Sebagai bentuk proteksi atas mobil Anda, jangan ragu untuk mengasuransikannya. Dengan adanya asuransi mobil, Anda bisa meminimalisir biaya atau bahkan tak mengeluarkan biaya sama sekali saat terjadi kerusakan. Salah satu jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih adalah asuransi TLO. Jadikan 4 poin di atas sebagai bahan pertimbangan Anda, sebelum membeli asuransi ini.

Tags

Related Articles

Close