Pos Promosi

Butuh Air Jernih? Ikuti Cara Membuat Saringan Air Sederhana Ini

Tinggal di pemukiman yang memiliki asupan air bersih dan jernih yang terbatas, memang sangat tak nyaman. Anda butuh air bersih untuk kegiatan rutin seperti minum, mandi, mencuci dan yang lainnya. Daripada terus mengharapkan pemerintah untuk menyuplai air, bagaimana jika Anda menyaring sendiri air agar bersih? Anda bisa mengikuti cara membuat saringan air berikut ini.

  • Sediakan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Saringan

Hal pertama yang Anda lakukan untuk membuat saringan air ini tentu saja adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Anda membutuhkan 2 buah drum atau bisa diganti dengan galon bekas, untuk membuat bahan penyaring dan menampung air yang telah disaring. Jika ingin mudah nantinya dalam mengontrol volume air, sediakan juga dua buah keran atau Anda bisa menggantinya dengan pipa. 

Untuk bahan-bahan yang akan diletakkan dalam drum penyaring, lumayan mudah untuk Anda temukan di sekitar tempat tinggal. Sediakan bahan berupa kerikil, ijuk, pasir, arang, dan batu bata. Bahan ini tak sembarangan dipilih loh! Kerikil berguna untuk menyaring kotoran seperti lumut dan daun di dalam air. Sedangkan ijuk dan arang berguna untuk menghilangkan aroma tak sedap.

  • Tumpuk Bahan-Bahan Tersebut dalam Drum sesuai Urutannya

Setelah semua bahan tersedia, saatnya Anda untuk memasukkan bahan-bahan tersebut ke dalam drum. Dari bawah, tumpuklah 20 sentimeter kerikil, 5 sentimeter ijuk, 20 sentimeter pasir, 10 sentimeter arang, 20 sentimeter ijuk, dan 10 sentimeter bata. Dengan begini, air kotor yang Anda  alirkan pada drum berisi bahan tersebut, akan dibersihkan sehingga warna dan baunya bisa berubah.

Dalam cara membuat saringan air sederhana ini, Anda harus ingat untuk selalu memadatkan bahan-bahan yang Anda tumpuk dalam drum. Hal ini untuk mencegah terdapatnya rongga pada tumpukan bahan tersebut. Jika air lolos melewati rongga ini, maka tidak akan terjadi proses penyaringan yang sempurna. Alhasil, air hasil saringan pun tetap tak layak untuk Anda gunakan. 

  • Tampung Air yang Telah Disaring pada Drum Penampung

Usahakan untuk selalu menyediakan drum, galon, atau bak penampung di bawah drum penyaring yang telah Anda rancang. Jadi, saat air bersih hasil penyaringan akan bisa langsung ditampung dan Anda pergunakan. Jika tak ada drum penampung, akan sulit bagi Anda untuk bisa menggunakan air bersih dalam jumlah banyak. Jangan lupa memanfaatkan keran, agar air tak terbuang percuma. 

Mengapa Cara Pembuatan Saringan AirIni Harus Anda Pelajari? 

Seperti yang telah Anda baca sebelumnya, proses pembuatan saringan air ini sama sekali tak sulit. Apalagi bahan dan alatnya bisa dengan mudah Anda temukan. Saringan air ini akan sangat terasa manfaatnya, saat Anda tinggal di tempat yang kualitas airnya tak begitu bagus. Anda akan bisa mengubah air yang tadinya bau dan kotor, menjadi air yang layak untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jika tak memerlukannya di rumah sendiri, Anda bisa membagi ilmu ini pada orang lain yang kondisi air tempat tinggalnya tergolong kotor. Anda bisa memberikan penyuluhan, yang pasti akan berdampak besar pada kehidupan orang tersebut. Tak hanya membuat mereka bisa mendapatkan air yang bersih dan jernih, namun juga menghindarkan mereka dari risiko penyakit karena air kotor.

Air yang kotor dan berbau merupakan sumber dari banyak penyakit. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan air bersih di lingkungan tempat tinggal Anda, pelajarilah cara membuat saringan air sederhana. Alat dan bahannya mudah didapatkan dan cara pembuatannya pun tergolong simpel. Dengan saringan air ini, air yang tadinya kotor, jadi bisa Anda manfaatkan. 

Related Articles

Close