Keuangan

Lebih Untung Menabung di Bank atau Asuransi?

Sejauh ini, sebagian besar orang masih menganggap bank sebagai tempat yang paling aman dan nyaman untuk berinvestasi. Pelanggan dapat melakukan transaksi kapan saja, baik menyetor atau menarik dana kapan saja. Kecuali untuk akun deposito. Namun, tahukah Anda bahwa asuransi juga merupakan bentuk investasi yang mudah dan menguntungkan?

Sistem asuransi pada dasarnya identik dengan sistem deposito di bank. Di mana dana yang disetor oleh pelanggan tidak dapat ditarik kapan saja. Jadi secara umum, keduanya dapat digolongkan sebagai tabungan jangka panjang.

Bedanya, dalam asuransi pelanggan tidak perlu menyetor dana sekaligus sebagai deposito. Pelanggan hanya perlu melakukan penyetoran rutin setiap bulan serta membayar kontribusi BPJS. Jumlah nominal dan jangka waktu bervariasi. Pilihannya dapat disesuaikan dengan kemampuan pelanggan untuk membayar.

Keuntungan paling jelas berinvestasi di asuransi, pelanggan tidak hanya dapat menghemat dana, tetapi juga mendapatkan perlindungan kesehatan. Dana tidak dapat ditarik kapan saja, tetapi ketika pelanggan sakit dan membutuhkan biaya medis, asuransi akan menanggung biaya perawatan dan rawat inap bagi pelanggan.

Sedangkan dalam produk simpanan, bank tidak wajib memberikan perlindungan kesehatan kepada pelanggan mereka. Jadi pelanggan hanya bisa menyetor dana dan mendapat bunga. Sementara rata-rata suku bunga bank per tahun hanya 5,5%. Itupun bisa menurun kapan saja.

Jika nilai saldo deposit Anda di bawah 50 juta, tentu saja kenaikan saldo sepertinya terasa. Sedangkan di asuransi, pelanggan bisa mendapatkan untung ganda yaitu bunga dan dana perlindungan kesehatan. Jika pelanggan asuransi tidak pernah mengajukan klaim karena ia tidak pernah sakit atau dirawat di rumah sakit, maka dana yang disimpan dapat dicairkan dengan suara bulat pada periode waktu yang disepakati.

Baca yang ini !  Casa De Parco, Pilihan Hunian Apartemen Terbaik

Dari penjelasan singkat di atas, mana yang menjadi prioritas Anda?

Related Articles

Close