Liburan

Wisata Menarik di Gunung Semeru

Siapa yang tidak mengenal Gunung Semeru ? Ya, pastinya nama gunung tersebut sangatlah populer baik untuk masyarakat Indonesia ataupun masyarakat asing sekalipun. Semeru menjadi salah satu tujuan pendaki di Indonesia dengan ketinggian 3.676 mdpl yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Gunung Semeru memanglah memiliki pesona tersendiri yang bisa memikat siapapun agar pergi kesana, karena panorama atau keindahan alam yang diberikan memanglah menakjubkan, sehingga sangat tidak diherankan jika banyak pengunjung yang ingin mengisi waktu liburannya untuk berkunjung kesana baik pecinta alam ataupun bukan.

Bagi pendaki yang berdomisili di luar kota biasanya akan pergi ke Malang menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Kota Baru Malang. Ketika berada di stasiun tersebut maka akan terlihat banyaknya penumpang yang membawa tas ransel besar dengan peralatan mendaki pada umumnya .Banyaknya pendaki yang menggunakan alat transportasi kereta api menjadikan stasiun ini selalu ramai pendaki tiap akhir pekan, sehingga untuk para pendaki bisa dengan senang bisa mendapatkan teman baru untuk pergi mendaki bersama.

Dari stasiun tersebut para pendaki meneruskan perjalanan ke Tumpang di Malang. Ini tempat para pendaki melakukan persiapan sebelum pendakian ke Semeru. Alangkah baiknya jika sebelum berangkat mendaki para pendaki selalu cek peralatan yang akan digunakan dan akan berguna selama proses mendaki. Selama perjalanan mendaki, para pendaki akan disuguhi dengan panorama alam yang menakjubkan dan memanjakan mata, semua rasa lelah yang didapatkan selama mendaki akan hilang seketika. Selama mendaki menuju puncak Gunung Semeru para pendaki akan melewati beberapa tempat dengan keindahan alamnya tersendiri, tempat-tempat tersebut juga selalu dirindukan para pendaki yang sudah pernah pergi kesana, diantaranya yaitu :

Ranu Kumbolo

Baca yang ini !  Alamat dan Harga Tiket Masuk ke Kolam Renang Putri Duyung
gambar dari IG @sebumi.id

Pernah mendengar tempat ini ? Pastinya bukan ? Tempat ini bisa dikatakan sebagai tempat favorit para pendaki sebelum sampai ke puncak Gunung Semeru. Danau ini mempunyai luas area sekitar 15 hektar. Ranu Kumbolo adalah danau air tawar dengan pemandangan indah yang berada di Pegunungan Tengger, tepatnya di kaki Gunung Semeru. Bagi para pendaki, Ranu Kumbolo bukanlah tempat yang asing lagi, di tempat ini pemandangannya begitu indah dan alami dengan udaranya yang sejuk. Kebanyakan dari pendaki akan mendirikan tenda disini sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak gunung. Ya, karena Ranu Kumbolo sangatlah memikat hati para pendaki, sehingga banyak yang ingin berlama-lama disana dan menikmati keindahan alam yang ada.

Banyak juga yang tidak ingin melewatkan momen di Ranu Kumbolo dengan mengabadikannya dengan berfoto, ketika berada disana para pendaki yang beristirahat atau bermalam akan melihat indahnya matahari terbit dan matahari terbenam. Jika ingin bermalam di Ranu Kumbolo tidaklah perlu ragu, karena akan banyak para pendaki lain yang bermalam disana, sehingga selain beristirahat pendaki juga bisa mendapatkan teman baru.

Tanjakan Cinta

Tempat yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya dengan Ranu Kumbolo. Tanjakan Cinta adalah jalan setapak menuju bukit, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Letaknya tepat setelah danau Ranu Kumbolo menuju Oro-oro Ombo. Saat melewati Tanjakan Cinta, sangat disarankan untuk tidak menoleh kebelakang, jika tidak maka siap-siap saja untuk berputus cinta dengan kekasih tercinta. Namun itu adalah mitos yang ada disana, untuk percaya atau tidaknya terlepas dari kepercayaan pendaki masing-masing, karena pastinya ada yang percaya dengan mitos tersebut tetapi ada juga yang menganggapnya sebagai mitos.

Oro-oro Ombo

Untuk pendaki yang mempunyai kegemaran dalam hal foto, maka tempat ini adalah salah satunya. Di tempat ini pendaki akan melihat pemandangan berupa padang savana yang membentang luas seperti halnya namanya Ombo (dalam bahasa jawa yang berarti Luas). Pada musim tertentu padang savana ini akan terlihat berwarna ungu karena bunga lavender disana yang bermekaran. Sebuah lokasi yang menyuguhkan keindahan alam tersendiri, selain itu ketika terdapat angin disana maka para pendaki akan mendengarkan suara angin seperti seruling, sehingga banyak para pendaki yang tidak ingin melewatkan tempat ini begitu saja.

Baca yang ini !  Pesona Pantai Pink Lombok

Kalimati

Tempat ini adalah tempat peristirahatan para pendaki sebelum melanjutkan berjalanan menuju puncak gunung, di tempat ini banyak yang akan mendirikan tenda atau sekedar beristirahat. Kalimati berasal dari nama sebuah sungai yang tidak berair, sehingga dinamakan dengan Kalimati (Kali dalam bahasa jawa yang artinya sungai). Aliran air hanya ada apabila musim hujan, aliran tersebut  menyatu dengan aliran lahar Semeru. Daerah ini merupakan padang rumput dengan tumbuhan semak dan hamparan bunga favorit para pendaki yaitu bunga Edelweis seluas 20 hektar, tetapi sangat di larang untuk para pendaki mengambil bunga tersebut karena akan merusak keindahan alam dan juga akan merusak ekosistem yang ada disana, sampai saat ini masih banyak para pendaki yang melanggar larangan tersebut, banyak juga yang mengambil untuk berfoto dan juga untuk di bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Puncak Semeru

Tempat ini adalah tujuan terakhir para pendaki, yaitu Puncak Semeru atau lebih dikenal dengan Puncak Mahameru. Dari puncak ini para pendaki akan melihat kawah yang disebut “Jonggring Saloko”, selain itu pendaki bisa melihat setiap 10-15 menit sekali kawah tersebut  menyemburkan batuan vulkanis dengan didahului asap yang membumbung tinggi. Tidak sedikit para pendaki yang  bersujud syukur telah sampai menginjakkan kaki di puncak tertinggi di Pulau Jawa ini. Ya, tentunya rasa syukur, senang dan kebanggaan tersendiri bisa sampai menuju Puncak Mahameru tersebut.

Itu adalah beberapa tempat menarik dan populer yang ada di Gunung Semeru dengan keindahan alam yang dimilikinya, setiap pengunjung yang mendaki pasti akan merasa ingin kembali kesana setiap waktu untuk kembali menikmati indahnya alam yang ada di Gunung Semeru. Walaupun mendaki dengan ketinggian tersebut sekalipun tidak akan membuat mundur para pendaki, karena lelah yang dirasakan akan terbayar dengan indahnya alam yang diberikan selama perjalanan mendaki dan ketika berada di Puncak Mahameru.

Baca yang ini !  Ini Pesona Gunung Semeru Selain Tanjakan Cinta

Tidaklah diherankan jika Gunung Semeru menjadi salah satu pendakian favorit para pendaki dengan ramainya pendaki setiap hari dan juga setiap pekan. Bahkan ada yang rela pergi jauh dari luar kota serta masyarakat asing untuk bisa mendaki dan menikmati indahnya alam yang ada di gunung tersebut, karena dengan melihat gambarnya saja wisatawan akan merasa terhipnotis untuk ingin pergi kesana, apalagi ketika wisatawan bisa pergi kesana, tentunya akan menjadi pengalaman berharga bisa pergi berlibur kesana.

Sekedar informasi, kami juga memiliki informasi mengenai wisata kuliner tempat makan di Braga yang murah di link bawah ini.

Tempat Makan di Braga yang Murah

Sangat disarankan untuk para pendaki selalu mempersiapkan peralatan mendaki dan melengkapinya sebagaimana mestinya, baik untuk pemula ataupun yang sudah sering mendaki sekalipun. Selain itu para pendaki juga harus mentaati peraturan yang ada seperti tidak mengambil bunga yang ada disana, membuang sampah sembarangan dan lainnya, karena sudah semestinya pendaki selalu menjaga kebersihan dan keindahan alam yang ada.

Tags

Related Articles

Close